Bahaya Tidur Terlalu Lama

Tidur Terlalu Lama

Tidur adalah salah satu kebutuhan tubuh manusia yang harus dicukupi. Bahkan dengan tidur yang cukup bisa membuat tubuh manusia tahan terhadapt berbagai serangan penyakit. Semakin baik kualitas tidur yang Anda dapatkan, akan semakin baik pula sistem kekebalan tubuh Anda.

Meskipun tidur memiliki banyak manfaat dan merupakan kebutuhan yang harus dicukupi, waktu tidur harus benar-benar diperhatikan. Tidur yang baik tidak boleh terlalu cepat atau terlalu lama, kesalahan waktu tidur tersebut dapat menimbulkan munculnya berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Nah berikut ini ada beberapa gangguan kesehatan yang akan Anda alami jika tidur terlalu lama.

  1. Menimbulkan Pusing

Saat Anda tidur terlalu pada suatu waktu, kemudian bangun, kemungkinan besar Anda akan merasakan pusing. Hal ini tentu tidak akan terjadi jika Anda tidur dengan lama waktu yang tepat. Pusing yang ditimbulkan setelah tidur terlalu lama disebabkan oleh adanya gangguan kandungan neurotransmitter di otak karena ia tidak bekerja seperti semestinya. Perlu diketahui, bahwa pengarung kafein dan alkohol juga dapat menyebabkan gejala pusing yang seperti ini.

  1. Berisiko Terkena Diabetes

Selain dapat menimbulkan pusing saat bangun, tidur terlalu lama ternyata juga dapat memicu potensi diabetes. Tidur terlalu lama merupakan salah satu pola tidur tidak teratur yang tentu tidak baik bagi tubuh, dalam ini dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit gula dalam keluarganya, harus lebih diperhatikan. Untuk menghindari hal ini, tentu Anda harus memperhatikan pola tidur Anda dan memperbaikinya.

  1. Konsentrasi Menurun

Selain dapat menimbulkan munculnya beberapa penyakit, tidur terlalu lama juga dapat membuat konsentrasi kita menurun. Hal ini terjadi sebab sel-sel otak yang lama tidak aktif dikala kita terlalu lama tidur, tiba-tiba dipaksa untuk aktif saat kita bangun. Tentu dapat membuat Anda sedikit bingung bahkan lupa apa yang terjadi saat Anda bangung. Jika melalukan pekerjaan kemungkinan besar juga akan mengganggu produktivitas kerja Anda karena tubuh terasa kurang fit.

  1. Risiko Penyakit Jantung

Selain diabetes yang dapat muncul karena tidur terlalu lama, penyakit jantung yang merupakan salah satu penyakit paling berbahaya di dunia ini juga dapat mengancam. Perlu diketahui, sebuah penelitian mengatakan bahwa mereka yang tidur lebih dari 8 jam sehari berisiko terkena penyakit jantung.

  1. Berujung Kematian

Meski terdengan sepele, ternyata kebiasaan tidur terlalu lama ini harus cepat-cepat ditinggalkan. Hal ini saat kita tidur terlalu lama membuat kerja orba tubuh menjadi lambat atau bahkan tidak bekerja, tentunya akan mengganggu kelangsungan hidup kita.

Melihat betapa berbahayanya kebiasaan tidur terlalu lama, kami rasa kita semua harus cepat-cepat menghentikan kebiasaan buruk tersebut untuk menunjang masa depan dan kesehatan tubuh kita. Tidur dengan waktu yang cukup setiap hari serta mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang tentu bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *