Cara Membuat Desain Dapur Dengan Dana Terbatas

Desain Dapur

Dapur memang menjadi ruangan yang penting dalam sebuah rumah. Apalagi dapur digunakan untuk kegiatan memasak sehari-hari, karena itu penting hukumnya untuk membuat daput dengan desain yang nyaman serta fungsional.

Namun sayang, berbagai elemen penunjang dapur biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal. Karena itu Anda harus pintar dan cermat dalam mendesain sebuah dapur agar dapat menekan budget tetapi tetap mendapatkan dapur yang layak, fungsional dan tahan lama. Nah berikut ini ada beberapa tips mendesain dapur yang harus Anda coba.

1. Kabinet Melanin

Jika Anda mempunyai rencana untuk membuat kabinet dapur, gunakanlah material ini untuk pintu kabinet dapur dan laci dapur. Bahan melanin ini memiliki permukaan yang halus serta pori-pori yang tertutup sehingga mudah untuk dibersihkan. Selain itu material melanin juga dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Anda bisa mengalokasikan kelebihan dana untuk pengeluaran material permukaan meja dapur menggunakan bahan granit atau marbel.

2. Dinding Bata Ekspos

Jika ingin lebih menghemat dana dalam pembangunan dapur, Anda bisa menerapkan konsep dinding bata ekspos. Anda bisa membiarkan bata dinding dapur terlihat atau hanya melapisinya dengan semen ekspos. Dengan desain ini Anda bisa menghemat lebih banyak biaya dan memberikan kesan rustic alami pada dapur.

3. Bahan Batuan

Jika Anda masih memiliki dana lebih, Anda bisa menggunakan material batuan seperti marbel atau granit sebagai bahan utama meja dapur. Memang kedua jenis material batuan ini harganya lebih mahal, tetapi setidaknya Anda akan mendapatkan keuntungan jangka panjang. Material batuan ini lebih kuat sehingga tidak mudah rusak dan pastinya akan bertahan dalam jangka panjang. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk memperbaikinya dikemudian hari.

4. Menggunakan Bahan Silestone Sebagai Pantry

Apabila menggunakan bahan batuan lebih mahal untuk Anda, alternatif material yang bisa digunakan adalah bahan silestone. Bahan silestone terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan material marbel atau granit. Material silestone dibuat dengan 94% batuan quartz dan 6% plastik yang sangat cocok untuk meja pantry karena tahan benturan, goresan dan yang pasti mudah dibersihkan.

5. Gunakan Semen Mikro

 

Anda bisa menggunakan semen mikro untuk melapisi bagian-bagian seperti lantai dan dinding. Semen mikro adalah lapisan berbasis semen yang memiliki ketebalan sekitar 2-3 mm. Penggunaan lapisan dengan semen mikro ini bisa membuat permukaan tampak lebih halus seperti permukaan beton.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *