Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Berantakan

Cara Memperbaiki Pola Tidur

Tidur menjadi salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi apapun alasannya. Karena jika tidak dilakukan dengan benar, tentu akan mengganggu kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya. Waktu tidur normal manusia dewasa sekitar 8 jam perharinya, angka ini seharusnya dapat kita penuhi dengan tepat, tidak boleh kurang atau lebih.

Jika waktu tidur yang didapatkan tubuh tidak sesuai, akan berakibat buruk bagi metabolisme tubuh dan menimbulkan gangguan kesehatan yang cukup serius. Oleh sebab itu kita tidak boleh membiarkan pola tidur yang berantakan terus terjadi, karena akan membawa dampak buruk untuk tubuh kita. Kami memiliki beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki pola tidur agar sesuai jalur yang benar.

  1. Buat Jadwal Tidur

Memang terdengar agak berlebihan karena kita harus membuat sebuah jadwal tidur. Namun hal ini tentu sangat dibutuhkan bagi mereka yang memiliki jam tidur yang benar-benar berantakan agar kembali pada jalur yang semestinya. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat jadwal tidur serta jadwal Anda harus bangun di pagi hari, buat jadwal tersebut dan tempelkan pada tempat yang mudah dilihat. Anda bisa menggunakan bantuan alarm untuk mengingatkan waktu tidur pada jadwal tersebut.

  1. Konsisten

Mematikan alarm saat pertama kali berbunyi kemudian melanjutkan tidur, mungkin kita semua pernah atau bahkan sering melakukan hal tersebut. Nah jika Anda ingin memiliki waktu tidur yang benar-benar baik, Anda harus membuang jauh-jauh kebiasaan tersebut. Anda harus konsisten untuk bangun di saat alarm Anda pertama kali berbunyi, bangkit dari tempat tidur kemudian melakukan aktivitas lain.

  1. Ruang Tidur yang Nyaman

Ruang tidur atau tempat tidur sangat erat kaitannya dengan kecepatan dan kualitas tidur. Ruang tidur juga bisa menjadi penyebab seseorang terkena insomnia dan menghancurkan pola tidur yang ia miliki. Untuk itu usahakan Anda selalu membersihkan ruang tidur Anda agar Anda lebih mudar tertidur di waktu yang seharusnya.

  1. Pencahayaan

Tidur berguna untuk mentralkan ketegangan otot, saraf dan bagian tubuh lainnya setelah seharian bekerja keras melakukan seluruh aktivitas Anda. Saat malam hari ada baiknya Anda tidur dalam kondisi kamar yang gelap tanpa pencahayaan, karena kondisi seperti ini akan meningkatkan kualitas tidur Anda, dan Anda bisa bangun pagi dengan tubuh yang segar.

  1. Menghindari Kafein

Kafein yang sering kita konsumsi biasanya dalam bentuk kopi, hal ini juga bisa berpengaruh pada waktu tidur Anda karena Anda akan lebih sulit tidur. Jika Anda tidak kuat akan efek kafein yang satu ini, lebih baik Anda tidak meminum kopi sebelum atau beberapa jam sebelum tidur.

Pola tidur yang tepat diimbangi dengan pola makan begizi seimbang akan memberikan dampak positif untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Karena jika tubuh sehat, kita bisa melakukan segala aktivitas sehari-hari kita dengan lancar tanpa halangan. Jadi mulailah memperbaiki pola tidur serta pola makan agar memiliki tubuh yang senantiasa sehat dan bugar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *