Manfaat Jus Noni Bagi Tubuh

Manfaat kesehatan dari jus noni meliputi pencegahan kanker, perlindungan dan fungsi hati yang sehat, pemeliharaan kesehatan kardiovaskular, otot yang rileks, dan kelegaan dari kehilangan ingatan dan kondisi seperti asam urat dan diabetes. Potensi antioksidan yang sangat besar dari jus noni memberi efek antipsikotik, antijamur, antibakteri, dan anti-inflamasi yang sangat berharga dalam mengobati kondisi seperti arthritis dan gangguan yang berkaitan dengan sistem saraf pusat.

Sejak ribuan tahun, kekuatan penyembuhan alami jus ini telah dihargai karena kemampuannya menjaga kesehatan kulit, meningkatkan tingkat energi, dan mencegah kelemahan tubuh secara umum. Jus noni mempercepat penyembuhan luka dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Apa itu Jus Noni?

Jus noni berasal dari buah tanaman cemara kecil yang disebut noni, juga dikenal sebagai murbei India, biasanya ditemukan di subtropis global dan daerah tropis. Nama botani Morinda citrifolia, noni termasuk dalam keluarga Rubiaceae dan memiliki hak istimewa sebagai ‘ratu’ genus Morinda karena atributnya yang mencolok, sifat serba bisa, dan kemampuan khas untuk menyebarkan dirinya sendiri biasanya di seashores tanpa memerlukan banyak campur tangan manusia. Ini adalah salah satu spesies paling awal yang tumbuh pada aliran lava yang baru saja disimpan biasanya di daerah Hawaii.

Awal sejarah dan penyebaran geografis jus noni di kepulauan Pasifik dilacak kembali sampai ribuan tahun. Sampai akhir abad ke-20, tanaman noni hanya digunakan untuk mewarnai pakaian sebelum nilai terapeutiknya yang menarik mengambil posisi di garis depan pengobatan alternatif. Sejak saat itu telah dikagumi sebagai fokus pengobatan konvensional Polinesia dan dianggap sebagai penyembuh suci di antara orang Hawaii untuk setiap ketidakseimbangan yang masuk akal. Dalam beberapa tahun terakhir, jus noni telah menjadi bagian dari diskusi dan spekulasi yang secara global berkaitan dengan karakteristik penyembuhannya yang unik, namun potensi terapeutiknya yang sebenarnya belum ditemukan.

Pohon noni lebih mirip semak atau pohon kecil dengan tinggi berkisar antara 3-10 m. Ini memiliki cabang yang bundar, daun mengkilap gelap, biji coklat kemerahan, dan pengelompokan kecil bunga putih yang dapat dimakan yang pada waktunya akan berkembang menjadi beberapa inci panjang, kentang atau buah putih kehijauan berbentuk telur yang diukir dengan banyak alur bundar.

Fakta Nutrisi Jus Noni

Jus Noni menawarkan gamut yang mengesankan untuk vitamin, mineral, dan fitonutrien yang bermanfaat. Kandungan vitamin noni termasuk vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6, vitamin B12, vitamin C (asam askorbat), folat, vitamin E (alfa -tokoferol), dan beta-karoten. Kandungan mineral yang ada dalam jus noni meliputi kalsium, potassium, magnesium, besi, dan fosfor. Seiring dengan ini, kelimpahan zat kimia alami dan rangkaian antioksidan yang menginspirasi seperti quercetin, vanillin, pinoresinol, prokseronin, kaempferol, isoskopin, bisdemethylpinoresinol, dan scopoletin menonjolkan keseluruhan nilai gizi jus noni. Jus Noni

Manfaat Kesehatan Jus Noni
Manfaat Kesehatan Jus Noni

Manfaat Kesehatan Jus Noni

Obat yang sudah lama dikenal, noni adalah tanaman dengan banyak manfaat mulai dari penggunaan kayu tradisionalnya hingga membuat alat untuk jusnya digunakan sebagai pertolongan pertama atau untuk mengobati penyakit kritis. Efek penyembuhan jus noni untuk berbagai kondisi medis telah dibahas seperti di bawah ini:

 

Agen antioksidan
Jus noni memiliki potensi anti-oksidatif yang luar biasa yang mencari oksigen bebas oksigen dan menetralisir efek negatifnya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien dengan kebiasaan merokok berat membuat mereka rentan terhadap banyak penyakit telah menganjurkan efek perlindungan jus noni dalam meningkatkan potensi pembilasan radikal tubuh mereka dan memberikan bantuan dari penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Mencegah Kanker
Kualitas anti kanker jus noni telah dipercaya dan dianjurkan oleh sains modern. Berbagai penelitian klinis dan laboratorium telah menyarankan sifat pencegahan kemo dari jus noni dalam pencegahan berbagai jenis kanker seperti paru-paru, hati, dan ginjal karena banyaknya penyembuhan antioksidan. Seperti didukung oleh temuan ilmiah lainnya, efektivitas jus noni dalam mengurangi risiko atribut kanker terhadap kemampuannya untuk menghambat pengikatan DNA karsinogen dan mencegah pembentukan adduct. Selanjutnya, potongan bukti telah mengungkapkan khasiat jus noni dalam memperlambat pertumbuhan tumor pada kelenjar susu secara signifikan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *