Manfaat Mangan Yang Belum Banyak Di Ketahui

Manfaat kesehatan mangan termasuk kontribusinya terhadap struktur tulang yang sehat, metabolisme tulang, dan membantu menciptakan enzim penting untuk membangun tulang. Ini juga bertindak sebagai co-enzyme untuk membantu aktivitas metabolik dalam tubuh manusia. Selain itu, ada manfaat kesehatan lainnya dari mangan termasuk pembentukan jaringan ikat, penyerapan kalsium, kelancaran fungsi kelenjar tiroid dan hormon seks, regulasi kadar gula darah, dan metabolisme lemak dan karbohidrat.

Mangan adalah mineral alami dalam tubuh kita dalam jumlah sangat kecil. Mangan adalah komponen sebenarnya dari enzim superoksida dismutase mangan. Ini adalah antioksidan kuat yang mencari radikal bebas di tubuh manusia dan menetralisir partikel yang merusak ini, sehingga mencegah banyak potensi bahaya yang mereka timbulkan.

Tubuh mungkin mengandung, paling banyak, 20 mg mangan, yang terkonsentrasi di ginjal, pankreas, hati, dan tulang kita. Mangan sangat penting untuk fungsi normal otak dan aktivitas yang tepat dari sistem saraf kita ke seluruh tubuh. Sejauh penelitian bisa diceritakan, ini adalah trace mineral penting untuk setiap bentuk kehidupan.

Gejala Defisiensi Mangan?

Gejala defisiensi mangan meliputi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kontraksi otot, malformasi tulang, kolesterol tinggi, penglihatan yang buruk, gangguan pendengaran, kehilangan ingatan berat, kejang, dan tremor. Meskipun beberapa ahli medis berpendapat bahwa kekurangan mangan cukup langka, lebih dari 35% populasi dunia mungkin kekurangan. Kebiasaan makan yang buruk adalah penyebab utama kekurangan tersebut.

Dalam beberapa kasus, kalsium dan zat besi diyakini mengganggu penggunaan mangan dalam tubuh manusia. Masalah mata, berkeringat, detak jantung cepat, kelemahan, dan kram parah mungkin beberapa gejala kekurangannya. Kekurangan berat dapat menyebabkan kemandulan pada wanita, kerusakan pankreas, masalah jantung, dan osteoporosis.

Sumber Penting Mangan

Sumber mangan yang paling penting adalah raspberry, nanas, bawang putih, anggur, bit, kacang hijau, beras, peppermint, gandum, kacang, selada air, sawi, stroberi, blackberry, buah tropis, selada, bayam, tetes tebu, cengkeh, kunyit, daun bawang, tahu, gandum utuh, pisang, mentimun, kiwi, buah ara, dan wortel. Sumber terbaik dari mangan yang melimpah secara alami adalah sayuran hijau, beras merah, kelapa, kacang almond, dan hazelnut karena mereka memaksimalkan penyerapan mineral penting ini.

 Manfaat Kesehatan Mangan

Manfaat Kesehatan Mangan

Manfaat Kesehatan Mangan

Manfaat kesehatan mangan menyebabkan kesehatan secara keseluruhan dengan berbagai cara. Berikut adalah daftar manfaat paling signifikan yang telah diteliti:

Tulang Sehat

Mangan sangat penting untuk pertumbuhan struktur tulang manusia yang tepat. Ini adalah mineral yang sangat efektif untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang tulang belakang. Ini sangat berguna untuk wanita pasca menopause. Banyak wanita menderita defisiensi mangan setelah mengalami menopause, sehingga meningkatkan asupan mineral jejak merupakan faktor penting dalam mencegah patah tulang. Meski penelitian belum membuktikan bahwa mangan dapat mencegah osteoporosis, namun diyakini merupakan salah satu faktor pendukung yang memperlambat kemajuan penyakit yang melemahkan itu.

Mencegah Penyakit

Karena sifat antioksidan mangan, manfaat kesehatan mangan termasuk fungsi khusus pemantauan aktivitas radikal bebas dalam tubuh manusia. Radikal bebas ini mampu merusak sel manusia dan menyebabkan kanker, sehingga menambahkan suplemen mangan ke makanan Anda adalah pilihan yang sangat baik.

Mengontrol Tingkat Gula

Mangan juga telah menunjukkan efisiensi dalam mengendalikan kadar gula dalam darah manusia. Hal ini selanjutnya dapat mencegah terjadinya penyakit tertentu seperti diabetes. Untuk mengendalikan kadar gula dalam darah, mangan menormalkan sintesis dan sekresi insulin, dan penurunan gula darah yang tidak dapat diprediksi dapat diatur dengan lebih baik, memberikan kehidupan yang lebih normal dan fungsional bagi penderita diabetes.

Mencegah serangan epilepsi

Tingkat mangan yang rendah bisa berperan sebagai pemicu serangan epilepsi. Makanan kaya mangan dapat membantu mengendalikan kemungkinan kejang ini. Mekanisme yang tepat untuk ini tidak sepenuhnya dipahami, namun mangan telah terbukti berperan sebagai vasodilator dalam berbagai penelitian, dan ada beberapa peneliti yang percaya bahwa ini adalah kunci kualitas anti-epilepsi.

Meningkatkan Metabolisme

Regulasi metabolisme tubuh merupakan salah satu fungsi vital mangan. Enzim yang diaktivasi mangan membantu metabolisme kolesterol.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *