Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Terong dikenal sebagai sayuran yang memiliki berbagai manfaat kesehatan unik, termasuk kemampuan untuk membantu membangun tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis, mengurangi gejala anemia, dan meningkatkan fungsi kognitif. Ini meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan melindungi sistem pencernaan. Manfaat terung juga termasuk menurunkan berat badan, mengelola diabetes, mengurangi stres, melindungi bayi dari cacat lahir, dan bahkan mencegah kanker.

Apa itu terong?

manfaat terong
manfaat terong

Terong adalah buah yang berasal dari benua India tapi sekarang ditemukan di seluruh dunia dalam masakan budaya yang berbeda. Di Inggris, mereka dikenal sebagai “terong”, dan juga disebut brinjal, melongene, dan squinea squash. Buah glossy ungu atau hitam ini bisa tumbuh lebih dari satu kaki panjangnya dengan varietas liar, meski jumlahnya jauh lebih kecil dalam pertanian normal. Mereka sampai di Timur Tengah dan daerah Mediterania sekitar 800 tahun yang lalu dan dirujuk di Inggris pada abad ke-16.

Ada sejumlah varietas yang digunakan di seluruh dunia, dan mereka termasuk dalam masakan dengan berbagai cara. Meskipun mereka buah-buahan, terong biasanya disebut “raja sayuran”, setidaknya di India, karena mereka adalah salah satu makanan paling serbaguna dan fungsional dalam keseluruhan budaya. Mereka memiliki konsistensi tomat, dalam hal tekstur dan kerapatan dan merupakan tambahan yang sempurna untuk sup, stews, dan saus. Bagian terbaik dari makanan ini adalah, mereka bukan hanya beraroma dan lezat selain banyak makanan tetapi juga inklusi sehat secara massal yang dapat membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih sehat.

Fakta Nutrisi Terong

Manfaat indah dari terong terutama berasal dari kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi mereka. Terong adalah sumber vitamin C, vitamin K, vitamin B6, thiamin, niasin, magnesium, fosfor, tembaga, serat makanan, asam folat, potasium, dan mangan. Mereka juga mengandung hampir tidak ada kolesterol, atau lemak jenuh.

Manfaat Kesehatan Terong

Manfaat kesehatan dari terung meliputi:

Bantuan dalam Pencernaan
Terong, seperti banyak sayuran lainnya, adalah sumber serat makanan yang hebat, elemen penting dalam diet seimbang. Serat sangat penting untuk kesehatan gastrointestinal, juga untuk buang air besar biasa. Ini membungkus gerakan usus Anda sehingga mereka lewat dengan lebih mudah melalui saluran pencernaan, sementara juga merangsang gerakan peristaltik, kontraksi otot polos yang membantu makanan terdorong keluar dari tubuh. Akhirnya, serat merangsang sekresi cairan lambung yang memudahkan penyerapan nutrisi dan pengolahan makanan.

Serat juga telah dikaitkan dengan pengurangan penyakit jantung juga, karena menghilangkan beberapa kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat arteri dan vena, sehingga terjadi aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Terong Rontok
Karena terong mengandung jumlah minimal lemak atau kolesterol, mereka adalah makanan yang sangat sehat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan atau mengatasi masalah obesitas. Serat juga sangat mengisi, yang menghambat pelepasan ghrelin, hormon yang memberitahu pikiran kita bahwa kita lapar lagi. Dengan mengisi kita dan mengurangi nafsu makan kita, kemungkinan makan berlebih sangat berkurang, sehingga usaha penurunan berat badan lebih berhasil.

Mencegah Kanker
Seiring dengan efek menguntungkan dari serat, terong juga merupakan sumber antioksidan yang hebat, salah satu garis pertahanan terbaik tubuh terhadap berbagai macam penyakit dan kondisi. Terong mengandung vitamin C, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh karena merangsang produksi dan aktivitas sel darah putih. Selain itu, terong mengandung mangan, yang merupakan antioksidan alami, dan mineral penting.

Tubuh Anda bisa mendapatkan keuntungan dari nasunin dan asam chlorogenic, dua antioksidan organik yang agak tidak biasa namun telah menunjukkan aktivitas penghambatan terhadap radikal bebas, serta sifat antiviral dan antibakteri. Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat menyerang sel sehat dan mendekonstruksi DNA menjadi sel-sel yang berpotensi karsinogenik. Memiliki tingkat antioksidan tinggi di tubuh Anda akan memastikan bahwa sistem organ terlindungi dari infeksi dan penyakit berbahaya, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Nasunin, yang merupakan antosianin, secara khusus dikaitkan dengan penghambatan perilaku merugikan di otak. Radikal bebas sebagian bertanggung jawab atas degenerasi saraf dan munculnya penyakit Alzheimer dan demensia. Penelitian terutama berfokus pada efek nasunin pada hewan, namun ini adalah berita yang sangat menggembirakan bagi mereka yang menderita gangguan kognitif.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *