Ulasan Seputar Manfaat dan Pentingnya Komunikasi Keluarga

Ulasan Seputar Manfaat dan Pentingnya Komunikasi Keluarga

 

Komunikasi merupakan hal yang esensial dalam kehidupan sehari-hari. Sebab komunikasi adalah kunci berinteraksi dengan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kita akan berkomunikasi dengan orang lain baik secara verbal maupun non-verbal, secara langsung dan tidak langsung serta untuk berbagai kebutuhan. Demikian juga halnya di dalam suatu keluarga. Komunikasi dalam keluarga merupakan hal yang penting demi terciptanya rumah tangga dan keluarga yang harmonis, terutama jika sudah memiliki anak-anak. Di bawah ini adalah 4 poin yang menggambarkan manfaat dan nilai pentingnya komunikasi keluarga:

 

  1. Untuk menyampaikan informasi.

Dengan adanya komunikasi, ketika salah satu anggota keluarga ingin menyampaikan suatu informasi, maka yang lain juga akan mengetahui informasi tersebut. Sehingga nantinya tidak akan terjadi miskomunikasi atau kesalahpahaman yang berujung pada pertengkaran atau konflik. Dari ketiadaan miskomunikasi /kesalahpahaman maka akan tercipta kedamaian dalam keluarga, bisa saling berbagi informasi yang penting serta dapat menjadi salah satu sarana untuk menciptakan kerukunan dan suasana yang harmonis di dalam keluarga.

 

  1. Terbentuknya sikap sosial anak.

Melatih anak cara berkomunikasi yang baik, secara verbal dan non verbal, langsung maupun tak langsung, dapat membantu menumbuhkan sikap sosial anak baik dalam keluarga maupun di dalam kehidupan bermasyarakat, berteman, berorganisasi maupun berinteraksi dengan orang lain yang tidak dikenal/asing. Anak yang sedari kecil dilatih cara komunikasi sesama keluarga maka ia akan lebih mudah mengeluarkan ekspresinya serta dapat berinteraksi secara baik dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Selain itu, ia juga jadi terbiasa berbicara dengan saudara atau orangtuanya, mengungkapkan keinginannya serta menjadi lebih mudah bersosialisasi di lingkungannya.

 

  1. Sebagai kontrol.

Komunikasi dapat membantu orangtua untuk mengontrol perilaku anak-anak, baik dalam keluarga maupun dalam lingkungan sekitarnya. Dengan adanya komunikasi, keluarga dapat memberikan nasehat, panduan, saran maupun sugesti pada anak agar ia dapat mengendalikan dirinya. Dengan komunikasi antar keluarga, diharapkan orangtua dapat memberi kontrol sekaligus mengetahui apa saja yang dilakukan anak di dalam maupun di luar rumah, bagaimana perkembangan sosialnya di luar dan begitu sebaliknya, anak juga jadi lebih percaya dan mau menuruti nasehat orangtuanya serta dapat dijadikan sarana introspeksi diri baik dalam hubungan orangtua-anak maupun suami-istri.

 

  1. Melatih anggota keluarga untuk saling berkata jujur dan memberi dukungan satu sama lain.

Komunikasi keluarga yang lancar merupakan kunci dari keharmonisan dan kerukunan dalam berumah tangga atau berkeluarga. Dengan berkomunikasi secara baik dapat melatih sesama anggota keluarga, baik anak, orangtua maupun sebagai pasangan suami-istri untuk dapat saling berkata jujur dan memberi dukungan satu sama lain sehingga tercipta rasa saling memiliki. Luangkan waktu Anda untuk saling bercengkrama di rumah setidaknya selama 1-2 jam sambil menikmati kehangatan dari secangkir teh Sariwangi.

Sumber terkait

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *